Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bangkitnya Semangat UKM Indonesia Di Saat Pandemi

Bangkitnya semangat UKM Indonesia
Bangkitnya semangat UKM Indonesia di saat pandemi


Bangkitnya Semangat UKM Indonesia Di Saat Pandemi - Permasalahan yang hadir di era krisis tahun 2020 ini adalah krisis kesehatan yang akhirnya berdampak pada krisis ekonomi, yang membuat banyak masyarakat terpuruk tak terkecuali para UKM

Bangkitnya semangat UKM Indonesia harus selalu ada guna membangkitkan bisnis yang telah terpuruk selama beberapa bulan ini.

Pada dasarnya, UKM (Usaha Kecil, Menengah) merupakan salah satu tombak perekonomian di Indonesia.

Dengan adanya wabah covid-19 sangat berpengaruh terhadap roda perekonomian yang biasa dijalankan oleh UKM.

Ketidakstabilan ekonomi adanya kebijakan new normal ini diharapkan bisa menyeimbangkan antara masalah kesehatan dan masalah ekonomi.

Dilihat dari data commerce, secara umum UKM penjualan rata-rata menurun sebesar 68% karena adanya kebijakan social distancing dan kebijakan lainnya yang mengakibatkan UKM tidak bergerak, sehingga tidak ada pertumbuhan ekonomi . 

Penjualan UMKM yang turun sebanyak 70%, disebabkan banyak hal seperti, market turun, kesulitan bahan baku, distribusi, dan kekurangan modal. Hal inilah yang menjadi masalah para UKM. 

Oleh karena itu, di perlukan sebuah solusi untuk membangkitkan Semangat UKM Indonesia, supaya semangat UKM Indonesia bangkit kembali meskipun di tengah wabah seperti ini.

Bangkitnya Semangat UKM Indonesia Di Saat Pandemi

Ada beberapa tips atau solusi untuk mempertahankan UKM di tengah pandemi covid-19 dan membangkitkan semangat UKM Indonesia

1. Melakukan Analisis 

Analisis strength, weakness, opportunity, and threat (SWOT) ini sangat penting untuk di lakukan di masa pandemi seperti ini. 

Dengan melakukan analisis SWOT, para pelaku UKM bisa menginventarisir mana yang menjadi kekurangan atau jadi kelemahan usaha, dan hal apa yang justru menjadi kekuatan sebuah usaha ukm.

2. Bergabung dengan Komunitas

UKM termasuk usaha yang memiliki tingkat ketahanan tinggi di banding bisnis besar di saat krisis seperti ini.

Hal ini di karenakan mereka (pelaku UKM) memiliki komunitas wirausahawan. Dengan adanya komunitas ini, para UKM bisa belajar meningkatkan pengetahuan, saling mensuport, saling membantu memenuhi kebutuhan bahan produksi dan lainnya

3. MengecekPersediaan Bahan Baku dan Stok

Dalam berbisnis, tentu saja ada produk yang di tawarkan. Penawaran hingga pemasukan bisa terjadi karena adanya produk. Berdasarkan laporan dari hotline Kemenkop, kelangkaan bahan baku menjadi salah satu masalah yang di alami oleh para pelaku UKM.

3. Cek Persediaan Bahan Baku dan Stok

Dalam berusaha, tentu saja ada produk yang bida di tawarkan. Penawaran hingga pemasukan bisa terjadi karena adanya produk. Melihat laporan dari hotline Kemenkop, salah satu masalah yang di alami UKM adalah kelangkaan bahan baku.

Jadi, para pelaku UKM wajib rajin mengecek persediaan bahan baku, guna mengatasi hal-hal yang tidak di inginkan seperti kehabisan stok misalnya.

Juga di sarankan untuk menghungi supplier dari jarak jauh untuk menanyakan ketersediaan barang selama satu bulan kedepan. 

Jika kelangkaan ini terus terjadi, Anda bisa memulai memikirkan strategi yang akan di pakai, misalnya mengurangi anggaran lainnya supaya tetap bisa mendapatkan bahan baku yang sama, atau mencari bahan yang bisa menggantikannya.

Jangan lupa untuk selalu berkomunikasi dengan pelanggan tentang perubahan yang mungkin akan mempengaruhi persepsi dan sikap mereka terhadap usaha Anda. 

4. Promosi Digital

Apa yang di sebut dengan promosi Digital? Singkatnya adalah promosi menggunakan dunia online yang saat ini banyak di gunakan Masyarakat Indonesia.

Dengan adanya pembatasan sosial (social distancing) para pelaku bisnis (termasuk UKM) harus bisa mengambil cara promosi digital ini.

Promosi ini bisa memanfaatkan sosial media seperti : Instagram, YouTube, facebook, jualan di marketplace dan lain-lain.

5. Membuat Website Atau Toko Online

Bangkitnya semangat UKM Indonesia

Point ini sebenarnya mirip dengan poin nomor 4, bedanya kalau kita promosi di media sosial seperti yang saya singgung di poin 4 itu sebenarnya kurang leluasa, karena kita promosi di platform orang lain.

Beda kalau kita membuat website atau toko online sendiri, kita bebas Membuat kebijakan sendiri, membuat tampilan sesuai selera sendiri dan yang paling penting kita bisa menyimpan data pelanggan kita sendiri.

Dalam dunia digital, data itu sangat penting jadi kita harus memanfaatkan data pelanggan untuk tujuan promosi nantinya.

Ngomong-ngomong soal website, lalu apa saja yang perlu di persiapkan dalam membangun website?

Untuk membangun website atau membuat toko online anda memerlukan yang namanya domain dan hosting.

Domain sebagai nama brand bisnis anda dan hosting sebagai alat penyimpanan data website anda.

Namun jangan khawatir, untuk urusan domain dan hosting anda bisa serahkan kepada masterweb.

Masterweb adalah perusahaan yang memfokuskan pada jasa webhosting, yang mencakup Domain Name, Shared Hosting, VPS, Website Builder, Colocation Server, Dedicated Server, Managed Server dan Learning Center. 

Perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 1995, jadi untuk urusan website serahkan saja pada masterweb.

Tak hanya itu, masterweb juga selalu mengedepankan pelanggan dan yang pastinya memberikan harga yang terjangkau dan pelayanan yang baik tentunya.

Penutup :

Harapan kita semangat UKM Indonesia terus bangkit dan terus menjadi usaha yang maju dan mengharumkan bangsa dengan produk-produk unggulannya.  

Post a Comment for "Bangkitnya Semangat UKM Indonesia Di Saat Pandemi"