Social media manager : Tanggung Jawab Dan Tugas Yang Harus Di Lakukan
Ingin Jadi sosial media manager? Pahami Dulu Karier dan Tugasnya
Anda berniat menjadi social Media Manager? Ketahui dulu cara kerja dan tugasnya
Menekuni dunia media sosial manager merupakan hal yang banyak di inginkan saat ini, meskipun tidak selalu mudah di lakukan, tapi dengan keniatan dan keyakinan anda, pasti anda akan Mampu menjadi seorang media social manager.
Sebenarnya apa sih pengertian media social manager? Lalu apa tugas dan tanggung jawab seorang social media manager?
Social media manager adalah dimana seseorang yang dipercaya perusahaan untuk memantau, mengeksekusi, menyaring, menyunting bahkan mengukur kehadiran media sosial dari sebuah perusahaan, merk atau perorangan.
Menurut Digital Marketing Institute, posisi ini juga biasa disebut sebagai voice of the company karena bisa saja mereka dibilang sebagai ujung tombak perusahaan.
Social media manager juga merupakan seseorang yang mendapat hak untuk mengambil keputusan dalam mengelola media sosial.
Jika anda ada di posisi ini, anda juga harus sangat selektif dalam menyaring konten dan juga di haruskan untuk sangat berhati-hati dengan konten-konten yang akan tayang. Anda harus benar-benar mengambil langkah dengan hati-hati.
Menurut Prospects, posisi ini terkadang masih masih memiliki kaitan dengan dunia marketing. Hal ini di karenakan mereka kerap mengelola social media manager untuk keperluan strategi marketing
Baca Juga : Memaksimalkan bisnis menggunakan Fb ads dan ig ads
Sebenarnya tugas seorang social media manager bisa di bilang tidak begitu beda jauh sama specialist social media. Akan tetapi, ada tanggung jawab yang lebih besar untuk dikerjakan seorang social media manager, beberapa di antaranya adalah:
Jika anda bersiap untuk menjadi social media manager, inilah beberapa skill yang harus anda miliki, seperti di kutip dari digital marketing institute.
Ketrampilan copywriting saat di perlukan saat anda ingin menjadi seorang social media manager.
Hal ini di karenakan anda harus bisa menulis konten plan dan juga menulis pitch untuk calon klien
Selain itu, anda juga masih akan Memiliki tugas untuk mengurus beberapa akun social media para klien meskipun isinya mungkin lebih sedikit jika di bandingkan dengan para junior.
Akan tetapi, setiap merk memilik karakteristik dan juga target audiens yang bervariasi atau berbeda-beda.
Tugas anda sebagai seorang manager adalah untuk menyesuaikan cara penulisan sesuai dengan karakter merk itu sendiri.
Oleh karena itu, anda harus bisa menulis dengan baik untuk bisa menjadi seorang social media manager.
Ketika telah menjadi seorang manager, kemampuan riset juga tidak boleh diabaikan.
Jika menjadi manager, anda harus siap untuk menjadi seorang pemikir di dalam team.
Riset ini diperlukan untuk mencari tren terbaru, style dalam membuat konten atau campaign, bahkan kompetitor.
Semua keputusan akan menjadi tanggung jawab seorang manager, jangan sampai konten yang dibuat terkesan monoton dan tidak relevan lagi.
Riset juga bermanfaat untuk mencari inspirasi dan juga mengasah kreativitas.
Jika seorang manager terus-menerus fokus dengan pekerjaan yang sudah ada dan tidak memiliki waktu untuk mencari inspirasi, dapat dipastikan tidak ada kemajuan dalam tim serta konten yang dibuatnya.
Salah satu strategi media sosial adalah dengan menggunakan SEO.
Seorang social media manager yang bekerja dari rumah maupun di dalam agensi harus memiliki kemampuan untuk mengetahui dasar-dasar seo
Kenapa?
Karena konten merupakan hal yang sangat penting dalam strategi SEO dan social media manager adalah pendukung utama dari konten-konten ini.
Baca Juga : Cara menjadikan website sebagai sumber uang
Untuk menjadi ahli dalam media sosial, dibutuhkan pengalaman serta kemauan untuk terus belajar untuk mengasah kreativitas.
Memahami media sosial mungkin dapat dikatakan tidak selalu mudah karena keadaan media sosial yang terus berubah dan tidak stabil.
Tren juga akan terus datang dan pergi dalam waktu yang tidak bisa diprediksi serta tidak ada formula khusus dalam bermedia sosial.
Pekerjaan dalam bidang media sosial dapat dikatakan pekerjaan yang sangat baru dan tidak dapat diprediksi.
Namun, selama penggunaan media sosial masih banyak, pekerjaan ini akan masih sangat dibutuhkan oleh penggunanya khususnya di Indonesia.
Pengguna media sosial yang semakin meningkat dari tahun ke tahun juga membuktikan bahwa media sosial masih menjadi sarana yang efektif untuk membangun citra sebuah brand atau perusahaan.
Karier social media manager adalah bukan karier akhir dari puncak karier dalam dunia sosial media
Dengan dunia digital yang sangat luas, anda bisa melanjutkan karier ke bagian-bagian sejenis seperti digital marketing director, social media director, chief digital marketing office, dan masih banyak lagi.
Jadi, apa anda sudah cukup memiliki pengalaman untuk melangkah menjadi social media manager? Atau mau mencoba peruntungan di dunia media sosial?
![]() |
Social media manager. By: Pixabay.com |
Anda berniat menjadi social Media Manager? Ketahui dulu cara kerja dan tugasnya
Menekuni dunia media sosial manager merupakan hal yang banyak di inginkan saat ini, meskipun tidak selalu mudah di lakukan, tapi dengan keniatan dan keyakinan anda, pasti anda akan Mampu menjadi seorang media social manager.
Sebenarnya apa sih pengertian media social manager? Lalu apa tugas dan tanggung jawab seorang social media manager?
Pengertian Social Media Manager?
Social media manager adalah dimana seseorang yang dipercaya perusahaan untuk memantau, mengeksekusi, menyaring, menyunting bahkan mengukur kehadiran media sosial dari sebuah perusahaan, merk atau perorangan.
Menurut Digital Marketing Institute, posisi ini juga biasa disebut sebagai voice of the company karena bisa saja mereka dibilang sebagai ujung tombak perusahaan.
Social media manager juga merupakan seseorang yang mendapat hak untuk mengambil keputusan dalam mengelola media sosial.
Jika anda ada di posisi ini, anda juga harus sangat selektif dalam menyaring konten dan juga di haruskan untuk sangat berhati-hati dengan konten-konten yang akan tayang. Anda harus benar-benar mengambil langkah dengan hati-hati.
Menurut Prospects, posisi ini terkadang masih masih memiliki kaitan dengan dunia marketing. Hal ini di karenakan mereka kerap mengelola social media manager untuk keperluan strategi marketing
Baca Juga : Memaksimalkan bisnis menggunakan Fb ads dan ig ads
Tanggung Jawab seorang Social Media Manager
Sebenarnya tugas seorang social media manager bisa di bilang tidak begitu beda jauh sama specialist social media. Akan tetapi, ada tanggung jawab yang lebih besar untuk dikerjakan seorang social media manager, beberapa di antaranya adalah:
- mengembangkan strategi media sosial dan menetapkan goals untuk meningkatkan brand awareness dan menaikkan jumlah engagement.
- mengatur semua platform media sosial dari brand atau perusahaan seperti , Twitter, Facebook, Instagram, YouTube dan lain-lain.
- Membuat rencana dan membuat konten plan serta menyampaikannya kepada team
- mengembangkan dan mengatur kompetisi serta campaign untuk mempromosikan perusahaan atau brand.
- menulis blog atau artikel yang menarik
- menciptakan konten multimedia yang efektif.
- membangun relasi yang baik dengan influencer baik di media sosial dan juga secara langsung.
- mengatur serta memfasilitasi komunitas media sosial dengan merespon post dari media sosial dan mengembangkan diskusi
- memonitor dan melaporkan performa akun media sosial setiap brand dengan menggunakan tools seperti Google Analytics ataupun insight yang disediakan oleh Facebook.
- mengatur para staf junior di bidang sosial media.
- mengedukasi staf lainnya dalam menggunakan sosial media untuk mempromosikan perusahaan.
- melakukan komunikasi dengan klien lewat telepon, email, conference call atau bertatap muka secara langsung.
Skill yang Harus Dimiliki
Jika anda bersiap untuk menjadi social media manager, inilah beberapa skill yang harus anda miliki, seperti di kutip dari digital marketing institute.
1. Kemampuan Copywriting
Ketrampilan copywriting saat di perlukan saat anda ingin menjadi seorang social media manager.
Hal ini di karenakan anda harus bisa menulis konten plan dan juga menulis pitch untuk calon klien
Selain itu, anda juga masih akan Memiliki tugas untuk mengurus beberapa akun social media para klien meskipun isinya mungkin lebih sedikit jika di bandingkan dengan para junior.
Akan tetapi, setiap merk memilik karakteristik dan juga target audiens yang bervariasi atau berbeda-beda.
Tugas anda sebagai seorang manager adalah untuk menyesuaikan cara penulisan sesuai dengan karakter merk itu sendiri.
Oleh karena itu, anda harus bisa menulis dengan baik untuk bisa menjadi seorang social media manager.
2. Riset
Ketika telah menjadi seorang manager, kemampuan riset juga tidak boleh diabaikan.
Jika menjadi manager, anda harus siap untuk menjadi seorang pemikir di dalam team.
Riset ini diperlukan untuk mencari tren terbaru, style dalam membuat konten atau campaign, bahkan kompetitor.
Semua keputusan akan menjadi tanggung jawab seorang manager, jangan sampai konten yang dibuat terkesan monoton dan tidak relevan lagi.
Riset juga bermanfaat untuk mencari inspirasi dan juga mengasah kreativitas.
Jika seorang manager terus-menerus fokus dengan pekerjaan yang sudah ada dan tidak memiliki waktu untuk mencari inspirasi, dapat dipastikan tidak ada kemajuan dalam tim serta konten yang dibuatnya.
3. Pengetahuan SEO (Search Engine Optimization)
Salah satu strategi media sosial adalah dengan menggunakan SEO.
Seorang social media manager yang bekerja dari rumah maupun di dalam agensi harus memiliki kemampuan untuk mengetahui dasar-dasar seo
Kenapa?
Karena konten merupakan hal yang sangat penting dalam strategi SEO dan social media manager adalah pendukung utama dari konten-konten ini.
Baca Juga : Cara menjadikan website sebagai sumber uang
4. Memiliki Ahli dalam media sosial
Untuk menjadi ahli dalam media sosial, dibutuhkan pengalaman serta kemauan untuk terus belajar untuk mengasah kreativitas.
Memahami media sosial mungkin dapat dikatakan tidak selalu mudah karena keadaan media sosial yang terus berubah dan tidak stabil.
Tren juga akan terus datang dan pergi dalam waktu yang tidak bisa diprediksi serta tidak ada formula khusus dalam bermedia sosial.
Jenjang Karier Social Media Manager
Pekerjaan dalam bidang media sosial dapat dikatakan pekerjaan yang sangat baru dan tidak dapat diprediksi.
Namun, selama penggunaan media sosial masih banyak, pekerjaan ini akan masih sangat dibutuhkan oleh penggunanya khususnya di Indonesia.
Pengguna media sosial yang semakin meningkat dari tahun ke tahun juga membuktikan bahwa media sosial masih menjadi sarana yang efektif untuk membangun citra sebuah brand atau perusahaan.
Karier social media manager adalah bukan karier akhir dari puncak karier dalam dunia sosial media
Dengan dunia digital yang sangat luas, anda bisa melanjutkan karier ke bagian-bagian sejenis seperti digital marketing director, social media director, chief digital marketing office, dan masih banyak lagi.
Jadi, apa anda sudah cukup memiliki pengalaman untuk melangkah menjadi social media manager? Atau mau mencoba peruntungan di dunia media sosial?
Artikelnya sangat menarik. Mantap gan.
ReplyDeleteTerima kasih, semoga bermanfaat
Deleteskill copywriting ini penting banget dimasa sekarang ini
ReplyDeleteBetul sekali mas
Deleteini artikel yang di cari, belajar seo rumit banget
ReplyDeletestres ane
Agen Slot Online 2020
Teruslah belajar, meskipun sulit.
Delete