Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana Cara Menjadikan Website Sebagai Sumber Uang?

Bagaimana Cara Menjadikan Website Sebagai Sumber Uang?
Di jaman revolusi industri 4.0, semua akan beralih ke modus Digital. ini bisa dilihat dari banyaknya toko online, kemudian berbagai macam transaksi yang dilakukan secara online melalui situs web atau aplikasi, dan juga perusahaan sistem cashlees yang banyak memberikan promo seperti sekarang ini.

Bagi kita yang ingin memulai bisnis atau mungkin sudah menjalani bisnis dapat mempertimbangkan potensi teknologi yang canggih ini. bisa kita bayangkan, hanya melalui situs web atau aplikasi yang kita kelola dengan baik, maka uang bisa mengalir sendiri kepada kita dan untuk kita, bahkan bisa mengalir secara otomatis.

penasaran kan, bagaimana caranya? oke saya akan mencoba membahas tentang situs web atau tepatnya bagaimana caranya menjadikan website kita sebagai mesin uang.

Cara 1. #Dekati target market bisnis melalui situs web secara organik


bisnis dapat berhasil jika terget market sesuai dengan produk atau jasa yang kita tawarkan.

Apa itu target market?

target market adalah kelompok yang menjadi sasaran khusus dalam bisnis yang kita jalani, biasanya target market bisa diperoleh dari segmentasi demografik, segmentasi geografik, dan segmentasi psikologi.

  • Segmentasi demografik, misalnya jenis kelamin, usia, dan pendidikan.
  • Segmentasi geografik, misalnya lingkungan, wilayah, dan provinsi.
  • Segmentasi psikologi, misalnya kepribadian, atau profesi gaya hidup.

Cara mudah untuk mendekati target market bisnis agar bisa mengunjungi situs web kita secara organik, salah satunya yaitu dengan menggunakan cara SEO dan GOOGLE MY BUSINESS

1. SEO


SEO adalah teknik untuk meningkatkan ranking situs web di mesin pencari seperti google. SEO sangat penting untuk kita pahami, karena masyarakat banyak menggunakan google sebagai mesin pencariannya.

Fakta menunjukkan:

> 95% orang mengklik halaman pertama google.
> 2.3 jt pencarian google terjadi setiap menitnya.
> 67% 5 link yang tampil paling atas di halaman pertama google akan mendapatkan klik.

Kita bisa bayangkan seandainya situs web kita ada di halaman pertama dan berada di ranking pertama google, maka target market kita akan lebih mudah menemukan situs web yang kita miliki.

Kita juga bisa mengingat Seo framework untuk memudahkan kita meningkatkan seo website kita yaitu:

a. Research and analysis.
b. On-page and off-page optimization.
c. Measure and monitor.
d. Kembali ke nomor satu.

a. Research and analysis.


Di tahap ini kita perlu mereset dan menganalisa apa yang dibutuhkan oleh customer kita.

kita bisa lihat dari grafik di atas. "baju pria", "baju pria dewasa"," Baju pria keren " merupakan keyword-keyword. dengan keyword yang berbeda maka tingkat peluang untuk membeli juga akan berbeda. lalu bagaimana kita menemukan keyword yang tepat untuk bisnis kita caranya adalah:

1. Google trends 


melalui google trends kita bisa menemukan apa saja yang lagi ngetrend saat ini. kita bisa membandingkan antara keyword, jadi kita bisa mengetahui produk mana yang lebih banyak dicari.

Misalnya, kita adalah penjual baju maka kita bisa membandingkan baju merk A dan B. ternyata hasil dari grafik di google trends adalah baju merk A yang paling banyak dicari. jadi kita bisa lebih fokus untuk menjual baju merk A. "Baju merk A" adalah keyword utamanya. lalu bagaimana jika kita ingin mengetahui keyword yang lebih spesifik? caranya yaitu dengan menggunakan google keyword planner 

2. Google keyword planner 


Di sini kita bisa memasukkan keyword utama yang kita dapatkan dari google trends ke dalam google keyword planner. kita akan mendapatkan keyword-keyword yang lebih spesifik dan banyak dicari, contohnya:

  • Baju merk A di jakarta utara .
  • Jual baju merk A murah.
  • Jual baju merk A yang paling keren.
  • Dan lain sebagainya.


b. on-page optimization and off-page optimization 


teknik seo on-page adalah teknik seo yang lebih dominan terhadap optimalisasi di dalam halaman website. sedangkan kalau teknik seo off-page adalah teknik optimasi dari luar, yaitu dengan cara mencari backlink dan mempromosikan website kita. Backlink adalah suatu link yang berada di website lain dan mengarah ke website kita.

Untuk teknik seo on-page kita bisa memposting artikel-artikel secara rutin di website kita, yang dimana isinya mengandung keyword-keyword yang kita dapatkan dari google keyword planner.

Untuk teknik seo off-page, ini adalah strategi backlink.

Yang paling atas itu adalah money site ( halaman website untuk calon costumer dan bisa langsung transaksi produk atau jasa yang kita sediakan(

  • Untuk menuju ke money site (halaman website untuk terjadinya transaksi) calon customer bisa melalui dari link halaman-halaman level 1 ( yang sudah membahas lebih detil tentang produk atau jasa yang kita miliki).
  • Untuk menuju ke level 1 pages, bisa melalui link halaman halaman level 2 (isinya lebih banyak edukasi dan lebih sedikit tentang pengenalan produk atau jasa yang kita miliki).
  • Untuk menuju ke level 2 pages, bisa melalui level 3 pages. (isi artikelnya penuh tentang edukasi).

Contohntoh kasus jual baju renang jenis merek A :

  • Level 3 artikel tentang : inilah perlengkapan yang harus dibawa saat liburan ke pantai 
  • level 2 artikel tentang : jenis-jenis baju renang yang lagi booming 
  • level 1 artikel tentang : pengenalan produk baju renang jenis merk A 
  • Money site : landing page, promosi produk  baju jenis merk A dan yang pastinya tersedia tombol call to action untuk mempermudah transaksi saat itu juga.


c. Measure and monitor 


Jika sudah melakukan riset dan analisa keyword, kita akan menerapkan teknik seo on-page, kita bisa mengukur dan memonitor hasil dengan melihat berapa banyak pengunjungnya. kita bisa menggunakan google analytic.

Dengan google analytic kita bisa memantau lalulintas pengunjung website kita.

Dalam penerapan teknik teknik seo, yang perlu kita perhatikan adalah

1. Melakukan audit seo


Audit seo adalah ketika kita memantau secara cermat bagaimana kinerja website kita secara keseluruhan, menetapkan sasaran baru dan taktik terhadap sasaran tersebut. Audit dapat membantu kita untuk mengetahui alasan mengapa website kita tidak memiliki pengunjung atau penjualan yang cukup. caranya yaitu bisa kita coba akses https://seositecheckup.com/. dan setelah masuk websitenya kita masukkan link website kita, hasil akhirnya adalah akan menampilkan skor dan poin poin yang perlu diperbaiki supaya website kita semakin meningkat. tugas kita adalah bagaimana skornya bisa meningkat, meningkat dan terus meningkat.

2. Ketahui apa yang benar-benar diinginkan oleh costumer. 


kita dapat mempelajari hal-hal yang diinginkan pengunjung melalui komentar yang diberikan pengunjung pada website kita dan melakukan survey online maupun offline.

3. Landing page yang telah di optimasi


Landing page adalah halaman yang menawarkan sesuatu yang khusus. Landing page yang baik adalah landing page yang memiliki konten yang informatif dan memiliki tombol call to action supaya pengunjung dapat dengan mudah menghubungi dan segera melakukan transaksi bentuk optimasi landing page adalah :
  • Meningkatkan kecepatan loading landing page.
  • Mengandung headline yang menarik.
  • Mengandung problem, solution, benefit dan testimoni.
  • Terdapat tombol call to action, bisa kita perhatikan letak tombolnya juga, supaya terlihat lebih menarik.

4. Website Mobil friendly


pastikan website kita adalah website mobil friendly, karena banyak pengguna yang mengakses website melalui smartphone, ketika suatu website mobile friendly, maka ini akan meningkatkan ranking website pada hasil pencarian.

2. Google My Business.


Google My business adalah aplikasi google yang membantu suatu website atau suatu bisnis dalam membangun keberadaan bisnisnya secara online.

Ada tiga hal yang perlu diperhatikan agar penggunaan Google My Business efektif.

pertama, pastikan identitas bisnis kita sudah terisi semua dan ter-verifikasi di google My business. hal ini akan memudahkan pengunjung yang potensial untuk langsung mengenal website kita dan mengekliknya. berikan juga kategori tag yang spesifik.

Kedua, mendorong terciptanya ulasan karena melalui ulasan (Review), google mengetahui bahwa bisnis kita memiliki Value, google my business memiliki fitur yang dapat menginformasikan kita mengenai review yang baru saja diterima . kita bisa mengajak teman-teman untuk mereview bisnis kita.

Ketiga, pastikan bisnis kita telah terdaftar di google maps, melalui google maps, calon costumer akan lebih mudah menemukan lokasi dari bisnis kita. bisnis kita akan terlihat lebih established.

Cara 2 : #Meningkatkan kecepatan website bisnis kita.


Kecepatan website sangatlah penting, penundaan sekian detik dapat membuat pengunjung tidak jadi melihat website kita.

kecepatan website khususnya sangat penting bagi website e-commerce / marketplace, bayangkan saja jika website e-commerce yang besar seperti E-bay dan Amazon memiliki koneksi yang lambat? mungkin saja e-commerce ini nggak akan bertahan lama karena sedikitnya jumlah konsumen.

Inilah faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan suatu website

1. web developer 


berikut adalah kesalahan umum yang sering dilakukan oleh web developer:

a. Tidak merencanakan dengan Matang saat membangun sebuah website.

Kesalahannya dilakukan web developer pemula adalah ingin cepat atau terburu-buru membuatnya agar website cepat selesai. tetapi tidak merencanakan dengan matang seperti codingan yang mestinya tidak terpakai, tapi di dalamnya masih terdapat kode kode tersebut. hal ini yang bisa membuat loading web menjadi lama.

b. membangun website aplikasi yang belum tentu sesuai dengan kebutuhan market.

Beberapa aplikasi yang dibuat kadang tidak sesuai dengan tujuan awal, web aplikasi tersebut dibuat pada web developer yang membuat web aplikasi agar website aplikasi tersebut dapat menjadi segala-galanya, padahal belum tentu hal ini sesuai dengan kebutuhan pengguna.

2. Server

Seperti mengoperasikan komputer atau laptop, kalau spesifikasinya semakin tinggi maka kinerjanya juga semakin cepat. jadi semakin tinggi investasi untuk server website, maka kinerja website akan semakin tinggi juga. misal antara SSD dan HDD untuk menyimpan data website kita. SSD akan memiliki kecepatan yang jauh lebih tinggi. Berikut tips untuk memilih server untuk website bisnis kita :

a. Pilih server dengan hargaa yang rasional.

Harga yang nasional dalam artian adalah harga yang bersaing di pasaran.

b. Jangan terjebak dengan promo besar.

biasanya ketika ada promo yang sangat tinggi, hanya berlaku untuk saat-saat tertentu, terkadang promo tidak berbanding lurus dengan kualitas pelayanan.

c. Telah teruji dalam memuaskan pelanggan.

Kita dapat membaca dari review pengguna server tersebut, agar lebih objektif. kita bisa lihat komentar-komentar pengguna melalui websitenya, sosmednya, atau dari sumber lainnya.

d. Memiliki track record yang baik.

Periksa terlebih dahulu bagaimana kondisi perusahaan penyedia server, alamatnya siapa saja orang di balik server, dan lain-lainnya

e. performa stabil.

Jika service sering down, dapat mempengaruhi jumlah visitor. pilih yang bergaransi sehingga ketika server down, kita akan memiliki hak untuk komplain.

f. Layanan support 24 jam 

Pastikan server yang dipilih menyediakan layanan dukungan 24 jam sehingga ketika terjadi sesuatu kita dapat melaporkannya segera dan mendapatkan solusi dari permasalahan yang kita hadapi.

3. Analisa kecepatan website 


Analisa kecepatan website juga sangat penting, karena biasanya pengunjung akan kehilangan kesabaran nya dan akan meninggalkan website kita jika loading website kita lambat.

Menurut google, ideal kecepatan suatu website adalah loading time hanya setengah detik. Nah, untuk mengetahui dan menganalisa kecepatan website terdapat beberapa layanan gratis yang dapat membantu kita untuk mengeceknya, yaitu bisa melalui :

  • Gtmetrik.com.
  • Google pageSpeed insights.
  • Tool.pingdom.com.

Dengan melihat hasilny, kita akan mengetahui apa yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan, dan juga kita bisa mencoba menganalisa apa yang membuat website kita berjalan dengan lambat.

a. Gambar web.

Ukuran gambar-gambar website yang besar akan membuat page loading website kita lambat. Untuk itu kita bisa meng-kompres gambarnya melalui adobe photoshoot.

b. Template website.

Terutama untuk yang memakai template website, sebaiknya mengecek dulu kecepatan loading template sebelum membelinya. terkadang template yang memiliki tampilan keren juga belum tentu bagus untuk kecepatannya, bahkan terkadang lambat karena mengandung banyak script atau codingan.

Cara 3 : #Membangun E-commerce System Di Website, supaya dapat terjadi transaksi secara otomatis.


Pernahkah kita merasa kesulitan saat mendengar cara membangun e-commerce sistem? terlalu banyak teknis dan harus ahli terlebih dahulu baru dapat membangun sistem tersebut? Ada kabar baiknya nih, ternyata dengan membangun e-commerce sistem tidak sesulit yang kita bayangkan. Karena sudah ada banyak platform online yang membantu kita dalam membangun e-commerce system secara non teknikal. kita tinggal memasang terus pakai.

Berikut adalah beberapa platform online tersebut :

1. Shopify
2. BigChartel
3. BigCommerce
4. Sirclo
5. WooCommerce
6. Dan masih banyak lainnya.

Penutup :

Jadi, untuk membuat website menjadi mesin uang, yaitu dengan cara :

1. TRAFFIC : Tingkatkan pengunjung website.
2. SPEED : Tingkatkan kecepatan website.
3. AUTOMATION : Membangun system e-commerce di dalam website.

Post a Comment for "Bagaimana Cara Menjadikan Website Sebagai Sumber Uang?"