8 Strategi Pemasaran Untuk Menarik Pelanggan Ke Bisnis Anda
Dalam setiap bidang kegiatan, memiliki strategi pemasaran yang terdefinisi dengan jelas dan diimplementasikan sangat ideal untuk bisnis Anda untuk tumbuh dan dipromosikan dengan cara yang paling beragam. Mungkin dengan strategi ini Anda dapat membuat lebih banyak orang mengetahui brand Anda, dengan begitu kemungkinan besar banyak pelanggan yang akan membeli produk anda
Perencanaan strategis ini harus terus-menerus terapkan , untuk memastikan hasil yang diharapkan untuk setiap tindakan positif, dan terutama, untuk memastikan bahwa penyesuaian yang diperlukan dibuat.
Sebagian besar wirausahawan tahu bahwa penting untuk memiliki rencana tindakan menyeluruh untuk mempromosikan bisnis. Namun, banyak dari mereka memiliki pertanyaan ketika saatnya tiba untuk memutuskan strategi terbaik.
Hal pertama yang perlu Anda pahami adalah bahwa tidak ada strategi pemasaran khusus untuk setiap bisnis.
Keberhasilan strategi apa pun tergantung pada bagaimana itu diterapkan dan dijalankan, target audiens, dan, tentu saja, jenis bisnis.
Untuk lebih memahami strategi mana yang dapat diterapkan pada bisnis Anda, lihat 8 tips yang akan membantu Anda menarik lebih banyak klien.
Dalam bidang bisnis apa pun, Anda perlu memiliki strategi pemasaran yang terstruktur dengan baik sehingga bisnis Anda tumbuh dan diiklankan dalam berbagai bentuk, terlepas dari cara online atau offline.
Bahkan toko batu bata warung kopi dan guru swasta perlu mempromosikan bisnis mereka. Ini memungkinkan lebih banyak orang untuk mengenal merek dan karena itu, dapat menarik lebih banyak klien.
Semakin banyak orang mengenal tentang produk atau layanan Anda, semakin tinggi peluang laba Anda akan meningkat.
Fakta ini tidak dapat dilupakan oleh siapa pun yang bekerja di internet.
Ada banyak pesaing dan klien potensial mencari solusi yang dapat ditemukan dengan mudah.
Selain itu, mengingat pasar digital terus berkembang, tidak cukup hanya memiliki produk atau layanan yang baik dan membiarkan pekerjaan Anda berbicara sendiri.
Anda harus benar-benar menunjukkan kepada orang-orang apa yang Anda tawarkan dan lebih dari itu, untuk membuat mereka tahu bahwa mereka benar-benar membutuhkan produk Anda.
Sebelum kita berbicara tentang dasar-dasar untuk membantu Anda menarik lebih banyak pelanggan, kita perlu menjelaskan apa itu strategi pemasaran.
Istilah ini digunakan secara luas, terutama di pasar digital, tetapi itu tidak berarti bahwa istilah tersebut disebarkan secara luas sehingga semua orang benar-benar memahaminya secara keseluruhan. (Ada beberapa istilah lain di dunia online yang bisa Anda pahami maknanya dengan lebih baik dengan glosarium wirausaha digital ini).
Pada dasarnya, strategi pemasaran tidak lebih dari merencanakan semua tindakan untuk mempromosikan merek, produk, atau layanan Anda terlebih dahulu dan memantau hasil dari tindakan tersebut untuk memahami apa yang harus dipertahankan dan apa yang dapat ditingkatkan.
Selain itu, memiliki strategi pemasaran juga berarti mendapatkan produk / layanan Anda diiklankan ke pelanggan potensial dengan cara terbaik. Itu berarti tidak mencoba menjual sepanjang waktu dan memberi tahu orang-orang tentang apa yang harus dan tidak seharusnya mereka lakukan, tetapi memberikan nilai kepada orang-orang dengan apa yang Anda berikan dan merekomendasikan solusi.
Ini adalah serangkaian elemen yang dapat membawa orang dalam perjalanan dari mengetahui produk Anda hingga membeli produk anda
Itu sebabnya Anda perlu memahami dan merencanakan berbagai bentuk untuk mengiklankan merek Anda untuk menarik khalayak dari berbagai saluran komunikasi.
baca juga : Raup Keuntungan Besar Bisnis Anda Dengan Menerapkan Konsep Manajemen pemasaran
Jelas, pemasaran terbaik untuk suatu produk adalah yang akan menjual apa yang Anda tawarkan kepada audiens Anda.
Namun, Anda perlu memiliki strategi pemasaran yang terstruktur dengan baik sebelum Anda memulai tindakan promosi Anda karena, lebih dari menjual, sangat penting untuk memberikan sesuatu yang bernilai kepada orang-orang.
Anda perlu menunjukkan solusi yang relevan, itulah cara terbaik untuk menarik pelanggan.
Bahkan jika Anda menjual sesuatu secara online, proses penjualan masih bersifat pribadi dan mengharuskan Anda fokus pada konsumen.
Anda perlu melakukan dengan tujuan dan membantu konsumen menghadapi rasa sakit adalah tujuan yang hebat.
Jika Anda memikirkan strategi yang entah bagaimana dapat menunjukkan seberapa banyak produk atau layanan Anda dapat mengubah kehidupan orang, Anda dapat menarik pelanggan Anda secara organik, yang juga membantu meningkatkan laba Anda, karena tindakan pemasaran Anda tidak akan memerlukan biaya tinggi.
Hal terpenting dalam merencanakan tindakan pemasaran Anda adalah Anda dapat memikirkan strategi berbiaya rendah dan berdampak tinggi yang kreatif dan benar-benar fokus pada kepribadian bisnis Anda.
Lagi pula, semakin spesifik tindakan Anda ke ceruk pasar Anda, semakin besar peluang Anda untuk menarik pelanggan.
Sekarang setelah Anda memahami apa strategi pemasaran itu, dan tahu betapa pentingnya hal itu bagi bisnis Anda, kami akan membantu Anda dengan beberapa elemen kunci sehingga Anda dapat menarik lebih banyak pelanggan.
Tentu saja, setiap bisnis memiliki audiens yang berbeda yang ingin dijangkau. Karenanya, itu tidak berarti bahwa semua tindakan akan tepat untuk Anda. Yang penting di sini adalah untuk menyadari jumlah elemen yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan promosi Anda dan menggunakan yang paling memadai untuk kepribadian Anda.
Selain itu, Anda juga harus tahu bahwa Anda tidak harus memilih hanya satu strategi pemasaran untuk bisnis Anda. Dengan perencanaan, Anda dapat membuat lebih dari satu tindakan untuk merek Anda. Seiring waktu, Anda akan menyadari apa yang berhasil dan dapat membatalkan apa yang tidak relevan dengan bisnis Anda.
Sebuah blog adalah salah satu strategi paling terkenal dan digunakan oleh mereka yang ingin menarik pelanggan secara online secara organik dan untuk memberikan konten pendidikan dan kualitas.
Karena, ketika Anda memiliki blog, Anda dapat menulis posting yang menjawab berbagai pertanyaan (dari yang paling dasar hingga yang paling teknis) dan yang menunjukkan solusi spesifik untuk audiens Anda.
baca juga:
Blogger Vs Wordpress Mana Yang Lebih Baik (Pro Dan Kontra)
Tidak ada gunanya memiliki blog dengan banyak konten menarik untuk audiens Anda jika posting Anda tidak diakses.
Inilah sebabnya mengapa Anda perlu menerapkan teknik SEO (Search Engine Optimization) dalam posting Anda, sehingga halaman Anda muncul di tempat teratas dari mesin pencari seperti Google.
Bidik kata kunci Anda dengan baik dalam teks Anda, judul uji yang menarik perhatian pengguna, menulis konten lengkap dan benar-benar mendidik audiens Anda.
Yang penting adalah untuk mengoptimalkan semua posting Anda sehingga orang dapat mencapai konten Anda setiap kali mereka mencari istilah yang berkaitan dengan niche Anda.
baca juga : Mengenal Search Engine Marketing (SEM)
Banyak orang masih memiliki gagasan bahwa email tidak lagi merupakan strategi pemasaran yang baik; setelah semua, banyak pengguna bahkan tidak repot-repot membaca pesan yang diteruskan kepada mereka.
Tapi bukan itu yang terjadi, terutama jika email Anda memiliki konten yang menarik untuk orang-orang, tidak hanya beriklan untuk produk atau layanan Anda.
Buat buletin, misalnya, dan kirim informasi penting melalui email ke orang yang meninggalkan alamat email mereka di halaman Anda.
Ini adalah cara menjaga komunikasi dengan pelanggan potensial Anda melalui email dan juga agar mereka tetap terlibat dengan merek Anda.
Media sosial, secara umum, adalah saluran yang bagus untuk berkomunikasi dengan publik, terutama karena saat ini sulit menemukan seseorang yang tidak menggunakan salah satu dari bentuk sosialisasi ini.
Sebagai strategi pemasaran, yang perlu Anda lakukan adalah memahami di mana kepribadian Anda: Facebook, Instagram, LinkedIn, Twitter, atau Snapchat?
Anda mungkin harus melakukan tindakan pemasaran di lebih dari satu jejaring sosial.
Tapi ingat: jejaring sosial Anda juga perlu menyediakan konten yang menambah nilai bagi pengguna. Jadi jangan hanya mengiklankan merek Anda sepanjang waktu.
baca juga: Cara membuat fanspage facebook untuk bisnis online
Tahukah Anda bahwa lebih dari 40% orang mengatakan mereka memiliki preferensi untuk menggunakan konten dalam format video?
Itulah sebabnya platform seperti YouTube semakin terkenal dan digunakan oleh banyak industri, baik itu online atau tidak.
Yang benar adalah bahwa ketika Anda membuat video, Anda dapat mengirimkan informasi berharga kepada audiens Anda yang mudah dikonsumsi.
Jadi mengapa tidak menggunakan video untuk mengiklankan produk dan layanan Anda dan menarik lebih banyak klien potensial?
baca juga : Blogging Vs YouTube: Mana Yang Lebih Baik Untuk Menghasilkan Uang
Tujuan dari tautan ini adalah agar orang lain mencari topik yang mirip dengan Anda tetapi masih belum mengetahui produk atau layanan Anda, dapat menemukan Anda di blog, jejaring sosial, dan situs web lain secara umum yang mereka ikuti.
Strategi pemasaran yang sangat menyenangkan pengguna adalah iklan asli. Ini karena bentuk iklan berbayar ini tidak mengganggu penelusuran dan pengalaman pengguna di halaman tempat mereka berada.
Ada beberapa jenis kemitraan yang bisa Anda kejar, misalnya:
Hal penting tentang jenis strategi pemasaran ini adalah Anda dapat mengidentifikasi mitra yang dapat membantu Anda menarik lebih banyak pelanggan dan untuk siapa Anda dapat melakukan hal yang sama. Dengan demikian, akan ada peningkatan pada kedua audiens.
Terakhir, buat promosi yang mendorong pengguna untuk membeli lebih banyak atau membawa pelanggan baru ke halaman Anda.
Pernahkah Anda melihat profil Instagram tertentu yang menciptakan undian hadiah dan peraturannya adalah Anda berkomentar dengan ‘@’ dari orang lain yang masih belum tahu mereknya?
Ini adalah strategi pemasaran yang digunakan profil tertentu untuk menjadi lebih dikenal serta mendapatkan lebih banyak pengikut.
Jenis promosi lain yang dapat Anda lakukan adalah jual-atas, jual-turun, atau jual-silang segera setelah seseorang selesai membeli beberapa produk Anda. Dengan ini, pengguna mungkin tertarik untuk melakukan pembelian lain di situs web Anda.
baca juga :
Lagi pula, itu tidak berarti bahwa hanya karena Anda menerapkan semua elemen ini, jumlah pemirsa Anda akan meningkat.
Jadi, sebelum Anda membuat tindakan di semua saluran komunikasi, pertimbangkan hal berikut:
Ingat, sangat penting untuk mengukur semua yang Anda lakukan untuk memastikan bahwa pekerjaan Anda tidak sia-sia dan Anda menghasilkan untung.
Perencanaan strategis ini harus terus-menerus terapkan , untuk memastikan hasil yang diharapkan untuk setiap tindakan positif, dan terutama, untuk memastikan bahwa penyesuaian yang diperlukan dibuat.
Sebagian besar wirausahawan tahu bahwa penting untuk memiliki rencana tindakan menyeluruh untuk mempromosikan bisnis. Namun, banyak dari mereka memiliki pertanyaan ketika saatnya tiba untuk memutuskan strategi terbaik.
Hal pertama yang perlu Anda pahami adalah bahwa tidak ada strategi pemasaran khusus untuk setiap bisnis.
Keberhasilan strategi apa pun tergantung pada bagaimana itu diterapkan dan dijalankan, target audiens, dan, tentu saja, jenis bisnis.
Untuk lebih memahami strategi mana yang dapat diterapkan pada bisnis Anda, lihat 8 tips yang akan membantu Anda menarik lebih banyak klien.
Mengapa anda harus mempromosikan bisnis anda?
Bahkan toko batu bata warung kopi dan guru swasta perlu mempromosikan bisnis mereka. Ini memungkinkan lebih banyak orang untuk mengenal merek dan karena itu, dapat menarik lebih banyak klien.
Semakin banyak orang mengenal tentang produk atau layanan Anda, semakin tinggi peluang laba Anda akan meningkat.
Fakta ini tidak dapat dilupakan oleh siapa pun yang bekerja di internet.
Ada banyak pesaing dan klien potensial mencari solusi yang dapat ditemukan dengan mudah.
Selain itu, mengingat pasar digital terus berkembang, tidak cukup hanya memiliki produk atau layanan yang baik dan membiarkan pekerjaan Anda berbicara sendiri.
Anda harus benar-benar menunjukkan kepada orang-orang apa yang Anda tawarkan dan lebih dari itu, untuk membuat mereka tahu bahwa mereka benar-benar membutuhkan produk Anda.
Apa itu Strategi Pemasaran?
Istilah ini digunakan secara luas, terutama di pasar digital, tetapi itu tidak berarti bahwa istilah tersebut disebarkan secara luas sehingga semua orang benar-benar memahaminya secara keseluruhan. (Ada beberapa istilah lain di dunia online yang bisa Anda pahami maknanya dengan lebih baik dengan glosarium wirausaha digital ini).
Pada dasarnya, strategi pemasaran tidak lebih dari merencanakan semua tindakan untuk mempromosikan merek, produk, atau layanan Anda terlebih dahulu dan memantau hasil dari tindakan tersebut untuk memahami apa yang harus dipertahankan dan apa yang dapat ditingkatkan.
Selain itu, memiliki strategi pemasaran juga berarti mendapatkan produk / layanan Anda diiklankan ke pelanggan potensial dengan cara terbaik. Itu berarti tidak mencoba menjual sepanjang waktu dan memberi tahu orang-orang tentang apa yang harus dan tidak seharusnya mereka lakukan, tetapi memberikan nilai kepada orang-orang dengan apa yang Anda berikan dan merekomendasikan solusi.
Ini adalah serangkaian elemen yang dapat membawa orang dalam perjalanan dari mengetahui produk Anda hingga membeli produk anda
Itu sebabnya Anda perlu memahami dan merencanakan berbagai bentuk untuk mengiklankan merek Anda untuk menarik khalayak dari berbagai saluran komunikasi.
baca juga : Raup Keuntungan Besar Bisnis Anda Dengan Menerapkan Konsep Manajemen pemasaran
Mengapa penting memiliki strategi pemasaran?
Namun, Anda perlu memiliki strategi pemasaran yang terstruktur dengan baik sebelum Anda memulai tindakan promosi Anda karena, lebih dari menjual, sangat penting untuk memberikan sesuatu yang bernilai kepada orang-orang.
Anda perlu menunjukkan solusi yang relevan, itulah cara terbaik untuk menarik pelanggan.
Bahkan jika Anda menjual sesuatu secara online, proses penjualan masih bersifat pribadi dan mengharuskan Anda fokus pada konsumen.
Anda perlu melakukan dengan tujuan dan membantu konsumen menghadapi rasa sakit adalah tujuan yang hebat.
Jika Anda memikirkan strategi yang entah bagaimana dapat menunjukkan seberapa banyak produk atau layanan Anda dapat mengubah kehidupan orang, Anda dapat menarik pelanggan Anda secara organik, yang juga membantu meningkatkan laba Anda, karena tindakan pemasaran Anda tidak akan memerlukan biaya tinggi.
Hal terpenting dalam merencanakan tindakan pemasaran Anda adalah Anda dapat memikirkan strategi berbiaya rendah dan berdampak tinggi yang kreatif dan benar-benar fokus pada kepribadian bisnis Anda.
Lagi pula, semakin spesifik tindakan Anda ke ceruk pasar Anda, semakin besar peluang Anda untuk menarik pelanggan.
Cara menarik pelanggan dengan strategi pemasaran
Tentu saja, setiap bisnis memiliki audiens yang berbeda yang ingin dijangkau. Karenanya, itu tidak berarti bahwa semua tindakan akan tepat untuk Anda. Yang penting di sini adalah untuk menyadari jumlah elemen yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan promosi Anda dan menggunakan yang paling memadai untuk kepribadian Anda.
Selain itu, Anda juga harus tahu bahwa Anda tidak harus memilih hanya satu strategi pemasaran untuk bisnis Anda. Dengan perencanaan, Anda dapat membuat lebih dari satu tindakan untuk merek Anda. Seiring waktu, Anda akan menyadari apa yang berhasil dan dapat membatalkan apa yang tidak relevan dengan bisnis Anda.
1. Blog
Sebuah blog adalah salah satu strategi paling terkenal dan digunakan oleh mereka yang ingin menarik pelanggan secara online secara organik dan untuk memberikan konten pendidikan dan kualitas.
Karena, ketika Anda memiliki blog, Anda dapat menulis posting yang menjawab berbagai pertanyaan (dari yang paling dasar hingga yang paling teknis) dan yang menunjukkan solusi spesifik untuk audiens Anda.
baca juga:
Blogger Vs Wordpress Mana Yang Lebih Baik (Pro Dan Kontra)
2. SEO
Tidak ada gunanya memiliki blog dengan banyak konten menarik untuk audiens Anda jika posting Anda tidak diakses.
Inilah sebabnya mengapa Anda perlu menerapkan teknik SEO (Search Engine Optimization) dalam posting Anda, sehingga halaman Anda muncul di tempat teratas dari mesin pencari seperti Google.
Bidik kata kunci Anda dengan baik dalam teks Anda, judul uji yang menarik perhatian pengguna, menulis konten lengkap dan benar-benar mendidik audiens Anda.
Yang penting adalah untuk mengoptimalkan semua posting Anda sehingga orang dapat mencapai konten Anda setiap kali mereka mencari istilah yang berkaitan dengan niche Anda.
baca juga : Mengenal Search Engine Marketing (SEM)
3. Pemasaran email
Banyak orang masih memiliki gagasan bahwa email tidak lagi merupakan strategi pemasaran yang baik; setelah semua, banyak pengguna bahkan tidak repot-repot membaca pesan yang diteruskan kepada mereka.
Tapi bukan itu yang terjadi, terutama jika email Anda memiliki konten yang menarik untuk orang-orang, tidak hanya beriklan untuk produk atau layanan Anda.
Buat buletin, misalnya, dan kirim informasi penting melalui email ke orang yang meninggalkan alamat email mereka di halaman Anda.
Ini adalah cara menjaga komunikasi dengan pelanggan potensial Anda melalui email dan juga agar mereka tetap terlibat dengan merek Anda.
4. Jejaring sosial
Media sosial, secara umum, adalah saluran yang bagus untuk berkomunikasi dengan publik, terutama karena saat ini sulit menemukan seseorang yang tidak menggunakan salah satu dari bentuk sosialisasi ini.
Sebagai strategi pemasaran, yang perlu Anda lakukan adalah memahami di mana kepribadian Anda: Facebook, Instagram, LinkedIn, Twitter, atau Snapchat?
Anda mungkin harus melakukan tindakan pemasaran di lebih dari satu jejaring sosial.
Tapi ingat: jejaring sosial Anda juga perlu menyediakan konten yang menambah nilai bagi pengguna. Jadi jangan hanya mengiklankan merek Anda sepanjang waktu.
baca juga: Cara membuat fanspage facebook untuk bisnis online
5. Saluran Video
Tahukah Anda bahwa lebih dari 40% orang mengatakan mereka memiliki preferensi untuk menggunakan konten dalam format video?
Itulah sebabnya platform seperti YouTube semakin terkenal dan digunakan oleh banyak industri, baik itu online atau tidak.
Yang benar adalah bahwa ketika Anda membuat video, Anda dapat mengirimkan informasi berharga kepada audiens Anda yang mudah dikonsumsi.
Jadi mengapa tidak menggunakan video untuk mengiklankan produk dan layanan Anda dan menarik lebih banyak klien potensial?
baca juga : Blogging Vs YouTube: Mana Yang Lebih Baik Untuk Menghasilkan Uang
6. Tautan sponsor
Tautan sponsor adalah iklan yang ditautkan pada halaman lain, biasanya yang terkait dengan bisnis Anda, untuk itu Anda membayar untuk dipromosikan.Tujuan dari tautan ini adalah agar orang lain mencari topik yang mirip dengan Anda tetapi masih belum mengetahui produk atau layanan Anda, dapat menemukan Anda di blog, jejaring sosial, dan situs web lain secara umum yang mereka ikuti.
Strategi pemasaran yang sangat menyenangkan pengguna adalah iklan asli. Ini karena bentuk iklan berbayar ini tidak mengganggu penelusuran dan pengalaman pengguna di halaman tempat mereka berada.
7. Membangun Kerja sama
Membangun Kerja samaterutama di pasar digital, adalah cara yang efisien untuk meningkatkan jangkauan bisnis Anda. Namun, menemukan mitra yang baik yang selaras dengan model kerja Anda tidak selalu merupakan tugas yang mudah.
Ada beberapa jenis kemitraan yang bisa Anda kejar, misalnya:
- Saling bertukar posting tamu dengan blog lain;
- Kolaborasi pada saluran YouTube (ketika satu YouTuber merekam dengan yang lain di kedua saluran);
- Produksi bersama e-book atau buletin;
- Promosi di jejaring sosial influencer digital.
Hal penting tentang jenis strategi pemasaran ini adalah Anda dapat mengidentifikasi mitra yang dapat membantu Anda menarik lebih banyak pelanggan dan untuk siapa Anda dapat melakukan hal yang sama. Dengan demikian, akan ada peningkatan pada kedua audiens.
8. Promosi
Terakhir, buat promosi yang mendorong pengguna untuk membeli lebih banyak atau membawa pelanggan baru ke halaman Anda.
Pernahkah Anda melihat profil Instagram tertentu yang menciptakan undian hadiah dan peraturannya adalah Anda berkomentar dengan ‘@’ dari orang lain yang masih belum tahu mereknya?
Ini adalah strategi pemasaran yang digunakan profil tertentu untuk menjadi lebih dikenal serta mendapatkan lebih banyak pengikut.
Jenis promosi lain yang dapat Anda lakukan adalah jual-atas, jual-turun, atau jual-silang segera setelah seseorang selesai membeli beberapa produk Anda. Dengan ini, pengguna mungkin tertarik untuk melakukan pembelian lain di situs web Anda.
baca juga :
Cara mengatur strategi pemasaran Anda
Sekarang setelah Anda melihat 8 cara untuk menarik lebih banyak pelanggan, penting untuk mengetahui apa yang perlu Anda lakukan untuk secara tepat memilih strategi pemasaran terbaik untuk bisnis Anda.Lagi pula, itu tidak berarti bahwa hanya karena Anda menerapkan semua elemen ini, jumlah pemirsa Anda akan meningkat.
Jadi, sebelum Anda membuat tindakan di semua saluran komunikasi, pertimbangkan hal berikut:
- Persona untuk siapa Anda menciptakan produk atau layanan Anda;
- Pasar tempat Anda dimasukkan;
- Tren di bidang keahlian Anda;
- Apa yang dilakukan pesaing Anda;
- Hasil yang Anda harapkan dari tindakan pemasaran Anda;
- Tingkat konversi setiap saluran komunikasi yang Anda gunakan;
- Investasi maksimum yang bersedia Anda lakukan.
Ingat, sangat penting untuk mengukur semua yang Anda lakukan untuk memastikan bahwa pekerjaan Anda tidak sia-sia dan Anda menghasilkan untung.
Post a Comment for "8 Strategi Pemasaran Untuk Menarik Pelanggan Ke Bisnis Anda"